Beauty Journal : Sunscreen

credit : top10geeks.com

Dari awal kuliah emang gue suka aktivitas lapangan. Naik gunung, jalan-jalan, ke pantai dan kegiatan-kegaiatan lain yang emang bersentuhan langsung dengan matahari. Dulu pas SMA gue nggak pernah kenal dengan sunscreen, akhirnya muka gue pun belang. Kulit wajah kusam, hitam, jerawatan dan kulit leher gue sebaliknya (gue berkerudung). Secara garis besar, susncreen ini berguna untuk mengahalau radiasi sinar matahari yang berpotensi merusak kulit. Mengutip dari laman Sociolla Journal tentang radiasi sinar matahari (bisa klik di sini untuk lebih lengkapnya):

Sinar matahari pada umumnya memiliki 3 jenis sinar radiasi yang dibagi berdasarkan panjang gelombangnya: sinar Ultra Violet A (UVA) dengan gelombang panjang, sinar Ultra Violet B (UVB) dengan gelombang pendek, dan sinar Ultra Violet C (UVC) dengan gelombang sangat pendek. Semakin pendek gelombang, semakin besar tingkat radiasi yang bisa merusak kulit. Di antara semua sinar ultra violet, UVC adalah yang paling merusak. Untunglah, lapisan ozon bumi mampu menghalau sinar UVC sehingga hanya sinar UVA dan UVB yang masuk. 

Jika terpapar sinar matahari terlalu lama, UVA akan menembus lapisan kulit lebih dalam dan dapat menyebabkan penuaan kulit berupa keriput dan noda hitam. Menurut penelitian dari World Health Organization, paparan sinar UVA ini bahkan bisa menyebabkan kanker. Pembentukan vitamin D pada tubuh adalah hasil paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVB. Namun, terpapar sinar UVB terlalu lama akan membakar kulit dan merusak melanin, yang mengakibatkan kulit yang lebih menggelap.


Kalau ingin baca kegunaan sunscreen dan macam-macam sunscreen buat pelbagai jenis kulit bisa klik di sini. Setelah kuliah dan mendapat banyak edukasi mengenai manfaat sunscreen, gue pun nyoba-nyoba beli nih. Sampai saat ini, 8 botol sunscreen dari 4 merk berbeda gue beli.

Sunscreen pertama yang gue coba adalah Wardah Sunscreen Gel SPF 30. Ini gue beli ketika gue baru banget kuliah dan gue saat itu lagi seneng-senengnya naik gunung. Sunscreen ini cair dan agak berminyak pas di aplikasikan ke kulit muka gue. So far so well, cuman sunscreen ini bikin muka gue berminyak parah. Agak risih memang, muka gue udah kilang minyak ditambah ini jadi lebih berminyak lagi. Padahal gue pake sunscreen ini cukup lama, 6 bulanan. Karena masalah minyak ini yang membuat gue mesti pindah ke produk lain. Akhirnya, gue pun ganti sunscreen ke saudaranya Wardah yang imu-imut, Emina.

Pengalaman kedua gue dengan Emina Sun Protection SPF 30. Gue beli setelah menghabiskan 3 botol sunscreen Wardah yang pertama. Sebenernya si Emina ini nggak jauh beda dari gue ketika pakai si Wardah. Terksturnya hampir sama, cuman agak kental dikit aja dibanding si Wardah. Si Wardah ini pun membuat kulit muka gue mengkilap setelah pengaplikasiannya. Yup, muka gue pun tambah berminyak, bray. Rasanya sunscreen Emina ini sama halnya dulu pas pakai sunscreen Wardah. Apa karena pabriknya sama gitu ya. Entahlah. Sunscreen ini gue ganti setelah habis botol pertama. Sekitar 1-2 bulanan gue setia sama sunscreen ini.

Sunscreen ketiga gue dari Skin Aqua UV Moisturizer Gel SPF 30. Ini sunscreen sekaligus moisturizer/ pelembab gitu. Nah, yang gue suka dari sunscreen ini dia nggak hanya bisa aplikasikan untuk kulit muka, tapi juga untuk kulit badan. Di bagian depan botolnya tertulis "face and body for daily use" so, kalau gue traveling nih nggak perlu bawa sunscreen yang beda-beda buat kulit muka sama badan. Praktis parah sunscreen ini. Formula sunscreen ini ringan, cair banget tapi ngelembapin kulit muka gue. Sayangnya lagi, susncreen ini masih tetep ngebuat kulit gue tambah berminyak. Walaupun nggak separah si Wardah dan Emina sebelumnya. Akhirnya pas botol pertama habis, gue masih repurchase sampai botol kedua. Pertama, gue males gonta-ganti sunscreen lagi dan menurut gue si Skin Aqua ini nggak terlalu parah membuat minyak di muka gue seperti sebelumnya. Sekali blot dengan oil paper udah beres. 

Tapi, rasanya kalau kulit gue tambah minyakan terus cuman gara-gara pakai sunscreen sebaiknya gue nggak males untuk nyari yang lebih baik, anjay. Setelah botol kedua si Skin Aqua habis, gue mendapat dua kandidat sunscreen selanjutnya yang bakal gue beli. Pertama, Biore Aqua Rich Waterry Essence sama L'oreal UV Perfect City Resist 8. Harga kedua sunscreen ini diatas Rp 100.000. Kedua kandidat ini gue dapatkan setelah membaca review di beauty blogger. Akhirnya gue pun berburu di Jatos (Jatinangor Town Square) untuk nyari kedua barang ini. Sayangnya, gue hanya menemukan si L'oreal di Watson. Sebelumnya gue pun kayak sempet lihat si Biore ini, cuman pas gue ke sana nyatanya nggak ada.

Okelah, akhirnya gue beli yang si L'oreal itu. Harganya, hhhmmm.....lumayan menguras kantong yakni Rp 168.000. Gue berharap sih ini nggak kayak sebelum-sebelumnya. Gue pun nyoba sunscreen ini mulai 2 minggu yang lalu. Selama itu, gue nggak menemukan masalah-masalah kulit yang biasanya tanda nggak cocok di muka gue seperti jerawat, bruntusan dan merah-merah. So far, sunscreen ini cocok. Gue pun coba pakai si L'oreal ini menemani aktivitas gue seharian (setelah wudhu dan salat, gue apply ulang sunscreennya). Gue pake PP Bandung-Jakarta pas interview seharian itu, dan sengaja nggak pake foundation (biasanya foundation bikin muka gue tambah minyakan). And it works really well, sunscreen ini nggak buat muka gue jadi kilang minyak. Ada sih minyakan tapi gue rasa masih dalam batas wajar banget. Iya, gue mulai menemukan kecocokan antara kulit muka gue dengan sunscreen L'oreal ini. Haruskah sepanjang ini perjalananku hanya untuk menemukan sunscreen yang cocok? OMG.

Sampai saat ini, gue masih setia dengan di L'oreal UV Perfect City Resist 8 (ya iyalah, baru beli juga). Gue rasa ini susncreen yang benar-benar bekerja di kulit muka gue, karena nggak bikin tambah kilang minyak. Jadi, ya ini sunscreen favorit gue sekarang. Sebandinglah sama harganya yang lebih mahal dari sunscreen gue sebelum-sebelumnya.

Kondisi kulit:
(then) berminyak, jerawat, bruntusan, dehydrated
(now) berminyak, dehydrated
Usia: 22 tahun (now)

Produk :
1. Wardah Sunscreen Gel SPF 30 - Rp 27.000 (3/5)
2. Emina Sun Protection SPF 30 - Rp 24.000 (3/5)
3. Skin Aqua UV Moisturizer Gel SPF 30 - Rp 50.000 (4/5)
4. L'oreal UV Perfect City Resist 8 SPF 50++ (5/5)

Itu dia pengalaman gue berganti-ganti sunscreen selama ini. Semoga bisa dijadikan referensi, terutama buat yang baru mengenal tentang betapa pentingnya sunscreen ini buat kulit wajah. Sekian dulu dan baca terus tajuk beauty journal ini.

Adios! 

Komentar