Belajar Dunia Parenting



Sebenernya udah lama aku pengen bahas ini. Kadang, aku bahkan merasa kayak kecepetan nggak sih belajar dunia parenting bahkan ketika aku belum mau nikah hahaha. Jujur, diakun instagramku saat ini ada 3 akun parenting yang aku sengaja follow. Tujuannya? Biar lebih kenal, biar lebih siap. Karena aku rasa kalau mentalku ini cukup tempe untuk membangun rumah tangga, makanya mesti dipupuk dari sekarang (apasih ini).

Aku udah tertarik pengen belajar parenting dari umur 20-an (2 tahun lalu), soalnya mikir pas itu kalau ngedidik anak manusia nggak boleh gagal, dia cuman mengalami kehidupan dia sekali. Gak bisa direfresh terus balik lagi ke perut kan?

Akhirnya setelah dari sana, mulailah aku anteng ngeliat postingan-postingan mereka tiap hari. Kadang lihat akun ini ganti-gantian, tapi tiap hari pasti ada yang aku pantengin. Nah, gara-gara suka liatin akun tadi, tiba-tiba jadi sok tau sekarang hahaha. Misal, pas ke mall terus ketemu ibu bawa anak yang nangis dan nenanginnya itu malah ngebentak, otomatis pikiranku ini malah "duh, harusnya jangan gitu" harusnya gini-gini-gini-gitu.

Disitulah aku merasa kalau ini keputusan yang tepat buat belajar lebih dini. Aku rasa ini akan ngebantu kepekaan nanti buat ngasuh anak-anak (ciaaatt).

Tujuanku juga kalau seandainya punya anak nanti, pengen mengelola keluarga kecil ini dengan bahagia, damai, sentosa layaknya impian ibu-ibu hits zaman now yang suka posting kebahagiaan keluarganya diinstagram padahal entah itu bahagia atau nggak hahahaha. Nah, buat menuju hal itu harus persiapan dong? Bener nggak? Iyalah. Terus mikir pengen beli buku-buku gitu, tapi duh....duit cuy hahaha. Akhirnya satu-satunya cara biar tetep bisa belajar, hemat dan sembari menghabiskan waktu untuk ngerjain yang lain, ya aku belajar lewat instagram. Sekalipun kalau lihat-lihat aku ini ditempat umum suka ada ibu-ibu yang nggak percaya gitu hahaha YA AMPUN UMUR UDAH 22 TAHUN KALI, penampilannya aja yang masih bergajulan hahaha.

Aku juga sempat baca-baca beberapa referensi, kalau memang kehidupan setelah menikah dan punya anak mesti dipersiapkan loh guys, beneran ini. Akhirnya, ya semakin membulatkan tekad, oke ini bener kok.

Buat temen-temen yang mungkinpengen kenal dunia parenting ini lebih dini, ini 3 akun yang aku ikutin buat belajar otodidak.

1. Chaisplay (chaisplay)

Sebenernya ini aplikasi ada di appstore, mungkin kalau udah beneran punya anak bakal diunduh di hp, tapi ya karena masih belum punya jadi ya belajar lewat instagram officialnya aja dulu. Chaisplay ini ngebahas berbagai hal, utamanya dia tuh suka kasih tips dan trik bikin mainan edukasi buat balita. Beneran dah, dan ini justru yang aku suka. Biar nantinya anakku tuh tidak langsung terpapar gagdet gitu loh guys~

Terus kadang juga ngasih tips buat ibu-ibu soal kesulitan si kecil misal nyari temen, cara berkomunikasi yang baik antara ibu-anak, menegur tanpa merendahkan si anak.

2. Ibupedia (ibupedia.id)

Sebenernya ini kurang lebih sama kayak Chaiplays cuman kalau ini lebih ke sisi ibunya. Kebanyakan juga bagiin tips dan triknya yang super lengkap. Mulai dari ngurus anak, cara me time, cara ngomong ke suami kalau lagi ada masalah, dll. Pokoknya penjelasan di akun ini lengkap banget, dan warnanya lucu parah hahahah tema warnanya itu juga yang bikin mata seger *salfok. Oh ya ini tuh official instagramnya ibupedia.com

3. Parentalk (parentalk.id)

Mengusung hastag #MillenialParenting emang kayaknya akun ini membahas segala hal tetek-bengek tentang kehidupan orang tua dan masalahnya di era sekarang. Terbukti, selalu banyak komentar di tiap postingan (millenial parent banget kan?). Nggak cuman ngebagiin tips buat jadi orang tua idaman, akun ini juga kadang intermezzonya bikin ngakak. Pokoknya nggak cuman membedah masalah antara ibu/orang tua dan anak tapi juga antara sesama pasangan.

Nah, gimana? Semoga jadi pengen belajar ya. Ngomong-ngomong buat jadi orang tua yang baik, yang perlu berlajar bukan cuman pihak si ibu, tapi si ayahnya juga (gila udah kayak konsultan nggak sih hahaha). Beneran, jadi orang tua bukan cuman tugas si pihak perempuan loh, kalau nggak ada pihak laki-laki yang juga ngeback up, tetep aja si anak nggak akan lengkap sosok idola dari keduanya.


PS

Komentar

  1. Penasaran mbak...
    Saya mau juga ah download aplikasinya..
    Alhamdulillah pagi2 udah dpat ilmu..
    Makasih yaaa...
    Salam kenal mbak Putri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, salam kenal juga. Duh, makasih loh mbak udah baca blog aku. Alhamdulillah kalau berguna :") aku juga seneng

      Hapus
  2. ibupedia dan parentalk, saya juga suka :)

    btw, gak kecepetan kok. justru bagus belajar sejak sekarang. Saya aja nyesel kenapa gak belajar sejak dulu. Sekarang setelah punya anak mau belajar banyak udah terbatas sekali tenaga dan waktunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya mba, lucu banget kan akunnya. Wah, iya semoga ini awal yang baik dan mempersipakan aku biar jadi calon ibu yang baik (ciaatt). Salam kenal ya mbak :)

      Hapus
  3. halo.. salam kenal..
    saya juga baru mulai meniatkan diri belajar parenting nih, yang dibingungkan juga gimana ya nanti memberi kasih sayang yang cukup dibarengi dengan kerja :(

    BalasHapus

Posting Komentar