Fakta dari Google, Bagaimana Berkeluarga di Era Online?

Photo by John-Mark Smith on Unsplash
Jadi, aku sempat datang ke acara Google tentang insight brand di Indonesia tahun 2018. Laporan Google itu dibukukan dalam laporan berjudul "Year in Search: Insights for Brands 2018" versi Indonesia. Dalam buku setebal 73 lembar dengan hardcover dan full color itu, aku dimanjakan dengan hasil insight Google lewat berbagai penelusuran manusia lewat kanalnya.

Hal yang paling umum tentunya tentang perkembangan ekonomi digital Indonesia ke depan. Bahkan sampai yang paling unik menurutku adalah "Makanan dan Minuman" serta "Berkeluarga". Terutama untuk kategori berkeluarga ya, berarti udah resmi banget nih orang tua yang melahirkan anak generi Alpha alias generasi yang lahir tahun 2012 hingga saat sudah sangat terpelajar.

Google melihat bahwa dari responden yang ia kumpulkan untuk surveynya ini menyebut bahwa 1 dari 4 responden adalah ibu dan 7 dari 10 pengguna yang membeli produk perawatan bayi saat ini melakukan riset online sebelum pembelian.

55 persen pengguna terhubung yang membeli produk perawatan bayi melakukan riset online sebelum mengunjungi toko dan 66 persen melakukan riset online saat mengunjungi toko.

Dapat ditarik kesimpulan, utamanya ibu-ibu zaman now memang internet tak bisa lepas dari segala kebutuhan ya nyatanya. Kayaknya review netizen di laman online adalah tolak ukur penting untuk dilihat ;)

Selain itu, Google juga melihat bahwa para orang tua saat ini lebih aktif mencari konten secara online untuk anak-anaknya. Di aman 34 persen kenaikan tahunan dalam penelusuran seputar pengasuhan anak. Wow, berarti memang saat ini, kebutuhan informasi akan buah hati jadi penting.

Dari 34 persen tersebut, 1 dari 3 penelusuran terkait dengan kehamilan dan 1 dari 3 penelusuran terakit produk bayi pada 2018 menyebut sebuah merek. Google menyatakan ini kenaikan yang signifikan dari tahun 2015.

Lebih lanjut, 3 topik yang sering jadi perbincangan penelusuran di Google perihal keluarga ini yaitu "persiapan kehamilan hingga melahirkan", "perkembangan otak dan motorik di masa kanak-kanak awal", "gaya hidup sehat saat hamil".

PS

Komentar