4 Poin Penting Sebelum Kamu Mutusin Kuliah Lagi

Photo by Element5 Digital on Unsplash

Lulus S1, dan S1 Lagi

Beberapa waktu lalu aku membaca sebuah blog lulusan ITB yang mengambil kuliah S1 lagi di Yarsi. Heran, itulah aku ketika membaca blog tersebut. Banyak sekali pertanyaan, “kenapa bisa?”, “kenapa mau?” sampai akhirnya aku selesai membaca dan menemukan jawaban bahwa jurusan yang dikuliahi beliau ini yakni Farmasi ITB adalah bukan panggilan hatinya. Dari situ aku juga jadi mikir lagi, ada satu rumpun ilmu yang ingin aku pelajari dari dulu karena berbagai hal tapi aku belum punya kesempatan sampai aku bahkan sudah lulus S1.

Mikir juga, apa benar aku ingin mengulang S1 lagi? Apa tanggapan teman-temanku? Apa tanggapan orang tua? Bagaimana ngatur dengan aku bekerja dan bla bla bla. Lagi-lagi, social judgement tak bisa dihindarkan. Sempat menunda pikiran untuk kembali kuliah selama 1 tahun, akhirnya karena memang aku suka belajar jadi kangen lagi suasana kelas. Belum lagi, untungnya masa S1-ku di Unpad juga bahagia.

Bulan Januari 2019 aku pun mulai baca-baca kampus swasta di Jakarta yang menyediakan kuliah karyawan. Aku baca mulai dari syarat hingga biaya SPP per semesternya. Akhirnya, bulan Maret 2019 aku menemukan satu kampus yang menyediakan masa S1 hanya 2 tahun.

Kenapa mau S1 lagi?

Sebenernya, perlu banyak pertimbangan untuk ngambil keputusan ini. Mulai dari pertimbangan biaya hingga waktu. Nah, berhubung ini udah kayak panggilan hati banget jadi okelah “mari kita kuliah lagi”. Akhirnya bulan Agustus pun aku mulai kuliah, tapi harus matrikulasi dulu. Dan ternyata, mata kuliah matrikulasinya MANTUL aliah banyak banget dong. Lagi-lagi, tapi, berhubung suka jadi hajar aja.

Ngomong-ngomong tantangan terbesar aku buat kuliah adalah waktu sebenarnya. Waktu pulang kantor yang harus mengejar busway biar bisa dateng tepat waktu. Waktu sehari-hari menuju umur aku yang makin tua yang mungkin sebenarnya bisa langsung ambil S2 aja tanpa S1 lagi. Tapi, lagi-lagi, namanya udah keputusan, masa mau balik lagi?

Poin-poin Penting Pertimbangan

Emang kuliahku belum jalan sih, tapi kalau kalian lagi ada diposisi yang sama kayak aku. Mungkin ini beberapa poin pertimbangan yang bisa kalian pikirkan.

1. Biaya

Iya, ini paling krusial. Biaya kuliah, biaya hidup dan lain-lain. Biaya kuliah usahakan yang sesuai dengan kantong kamu. Pertimbangin juga biaya tak terduga kayak biaya buku, SKS, semester, seragam dan tetek-bengeknya. Kalau kamu perlu pertimbangan orang terdekat ada baiknya jujur-sejujurnya. Lampirin semua biaya-biaya yang diperlukan.

2. Jarak/ Tempat

Selain biaya, tentunya jarak atau tempat kuliah juga penting banget. Apalagi kalau kamu kerja kantoran pastinya nggak mungkin dong ngambil kuliah di Bandung sedangkan kamu kerja di Jakarta? Kecuali memang kelas sabtu-minggu yang masih bisa diusahakan.

3. Reputasi Kampus

Sebenernya ini nggak terlalu berpengaruh sih. Cuman sebagian orang menganggap bahwa nama besar dan nama baik suatu kampus juga penting. Iya juga sih, soalnya pas udah lulus (lagi) kamu juga bakal ditanya “kuliah di mana?”-kan. Biasanya semakin beken kampusnya dan lulusannya WOW maka kamu juga bakal ketularan aji mumpung karena dianggap ‘sesuatu'.

4. Waktu Kuliah

Nah, ini yang kadang luput pas 3 poin di atas cocok eh ternyata waktu kuliahnya nggak ketemu. Kamu juga perlu pertimbangin ini kalau kamu udah kerja apalagi mungkin kalau kerja kamu menuntut mobilitas tinggi. Bagaimana fleksiblitas waktunya? Biasanya kalau reguler kamu telat masuk kelas lebih dari 15 menit saja udah disuruh OUT.

Nah, selain 4 poin ini kamu juga bisa rinci lagi poin-poin pertimbangan yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa nambahin hal-hal yang sebelumnya mungkin tidak aku tulis. Jadi, gimana? Ada yang berencana ngulang S1 lagi kayak aku nggak?

PS

Komentar

  1. well, good things S1 sekarang memang hal yang dipelajarin dan lebih pengen S2 buat psikolog sih. Tapi liat lifeskill jadi lebih pengen kursus singkat aja hehehe

    BalasHapus
  2. Dulu sempet serius pengin cari beasiswa buat lanjut S2, tapi ternyata niatnya belum penuh. Sekarang ngelihat beberapa teman lagi nyiapin kuliah lagi, jadi ke-trigger lagi untuk belajar lagi. Tapi ya itu, memang harus matang-matang dan bulatkan tekad. :D

    BalasHapus

Posting Komentar