Super Dad, Ini 4 Alasan Penting Ayah Perlu Belajar Parenting!

ayah belajar parenting PUTRISYIFAN.COM
Photo by August de Richelieu from Pexels
Pola asuh yang baik dalam keluarga bisa membuat seorang anak mempunyai kemampuan intelektual dan fisik yang bagus, termasuk juga perkembangan emosi dan sosialnya. Pola asuh yang baik itu ditunjukkan dengan kedua orang tua yang mencintai, penuh perhatian, dan sangat responsif terhadap anak-anaknya.

Di Indonesia, lazimnya pendidikan anak seolah menjadi tanggung jawab besar seorang Mama. Eits, ternyata Ayah juga harus punya peran penting loh dalam pendidikan anak di rumah. Hal ini karena pengalaman yang dialami bersama Ayah akan memengaruhi seorang anak hingga dewasa nantinya. Oleh karena itu, Ayah juga jangan mau kalah dari Mama soal ilmu parenting lho. Nah, berikut ini adalah alasan kepada Ayah perlu banget belajar parenting!

1. Ayah bisa terlibat aktif dalam perkembangan anak

Mengacu kepada penelitian yang dilakukan North Carolina State University, University of Brigham Young dan University of California yang melibatkan 10.000 siswa, orang tua, guru, dan administrator sekolah. Penelitian itu menunjukkan bahwa keterlibatan kedua orang tua merupakan salah satu faktor terpenting dalam pencapaian akademik siswa. Temuan penelitian menyebut jika kedua orang tua yang terlibat aktif dalam pekerjaan rumah anak dan acara sekolahnya, membuat anak tersebut mungkin lebih sukses di masa depan. 

Nah, dengan belajar parenting Ayah jadi nggak kikuk buat terlibat aktif di sekolah lho. Karena ilmu parenting akan membantu Ayah belajar cara-cara untuk terlibat aktif secara efektif.

2. Menemukan cara mencocokkan gaya parenting dengan kepribadian anak

Dengan belajar parenting, Ayah nggak perlu bingung atau menebak-nebak mana pola asuh yang tepat karena kepribadian anak yang terus berkembang. Dengan Ayah yanng sudah belajar parenting maka akan lebih mudah melihat kecocokan dengan kepribadian anak untuk mendapatkan gaya parenting yang ideal. Pola asuh yang tepat tentunya tidak boleh asal ya. Nah, dasar-dasar pola asuh itu bisa Ayah pelajari dalam ilmu parenting lho.

ayah parenting hebat PUTRISYIFAN.COM
Photo by PaweĊ‚ L. from Pexels

3. Ayah bisa melatih soft skills anak

Keluarga dengan struktur dan fungsi yang baik di mana kedua orang tua berperan aktif tentunya akan meninggalkan kesan yang baik bagi anak. Seorang anak bisa belajar banyak hal dari pola asuh yang diterapkan dari orang tuanya. Tak kalah penting adalah soal decission making dan leadership. Lewat sosok Ayah anak bisa belajar soal social skills hingga nilai-nilai sosial. Bahkan ketika Ayah berperan aktif, Ayah pun bisa menjadi motivator mereka lho! Tentunya skills Ayah yang satu ini harus didukung dengan pengatahuan parenting ya.

4. Anak mengenal dan belajar tentang isu gender

Dengan melihat kedua orang tuanya hadir untuk memberikan pendidikan dan pola asuh terbaik, anak akan memandang jika sosok Ayah dan Mama sama-sama penting. Apalagi jika Ayah juga mengajarkan bahwa dalam berkeluarga aspek saling membantu dalam pekerjaan rumah bisa dilakukan seluruh anggota keluarga sehingga rasa ingin membantu dan menolong dalam diri anak akan terus dilatih. Selain itu, anak bisa mengenal tentang makna dukungan karena tidak ada batasan gender yang melihat ayahnya supportif terhadap Mama. Ingat ya Yah, parenting itu tidak hanya usaha satu pihak lho.

Itulah tadi alasan penting buat Ayah betapa pentingnya belajar parenting. Jadi, Ayah dan Mama bisa menerapkan pola asuh yang tepat buat di kecil nantinya!

(artikel ini sebelumnya digunakan untuk salah satu kebutuhan perusahaan di Indonesia)

Komentar